Kerajinan Perak Yogyakarta

Kota Gede adalah salah satu tempat wisata jogja yang berada wilayah yang berada di pinggir kota Yogyakarta. Masyarakatnya kebanyakan bermata pencaharian sebagai pengerajin perak. Nama Kotagede sendiri berasal dari nama ibu kota lama yang awalnya adalah daerah kekuasaan kesultanan mataram. Kerajaan tersebut kemudian pecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Kota Kotagede merupakan asset budaya yang dimiliki pemerintah saat ini. Namun kendala pembangunan dihadapi dengan adanya permasalahan pembagian wilayah akibat perpecahan kerjaan tersebut.

Kerajinan Perak Yogyakarta

Kerajinan Perak Jogja
Kerajinan Perak Jogja

Suasana tradisional di Kota ini masih sangat terasa kental. Misalnya komplek masjid besar Mataram yang masih terlihat seperti berada di kompleks lingkunangan keraton, sebuah bedug yang memiliki ukuran besar menambah kekasan kota yang masih bernuansa tradisional tersebut.

Pahatan Perak Kotagede

Kotagede adalah tempat yang sangat bagus bagi Anda untuk berkeliling diseputaran kota. Jika Anda suka berbelanja, Anda pasti akan sangat senang dengan kerjinan perak yang diproduksi oleh masyarkat di Kotagede. Begitu pula jika Anda berkeliling diseputaran kota, Anda akan mendapatkan bangunan – bangunan kuno besar yang dulunya dimiliki oleh saudagar kaya yang berasal dari Arab maupun Belanda. Jika Anda bisa masuk kedalam salah satu rumah tersebut, Anda akan berasa dikirim kembali ke masa lalu.

Pahatan Perak Kotagede
Pahatan Perak Kotagede

Kotagede kini terkenal sebagai salah satu pengerajin perak terbaik di Indonesia. Disana Anda bisa datang dan melihat langsung para pengerajin membuat perhiasan dari perak. Desain – desain yang dihasilkan sungguh mempesona. Banyak penyuka kerajinan perak dari luar negeri datang kesini dan kemudian bekerja sama dengan pengerajin perak lokal.

Kekasahan perak Yogyakarta yang berasal dari Kotagede adalah kontras dan embos yang dihasilkan antara warna putih bersih dan warna hitam pada setiap bagian desain perhiasan yang dihasilkan. Mangkok teh, kalung, gelang dan berbagai macam perhiasan lain dari perak adalah menjadi ciri khas dan kecantikan perak yang dihasilkan.