Tiket Masuk Pantai Pulau Kalong Yogyakarta

Pantai Pulau Kalong Yogyakarta, Pulau Berkarang Yang Terletak di Tengah Laut

Sekilas Mengenai Pantai Pulau Kalong

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang kaya akan pantai. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Pulau Kalong atau sering juga disebut dengan Pantai Pulau Gelatik. Lokasi wisata Pantai Pulau Kalong merupakan Pantai Sinden yang memiliki pulau di tengah laut, pulau tersebut merupakan habitat dari banyak kelelawar atau yang dalam Bahasa Jawa disebut Kalong, sehingga dinamakan Pantai Pulau Kalong.

Pantai Pulau Kalong Jogja
Pantai Pulau Kalong Jogja

Pantai Pulau Kalong tidak memiliki pasir putih seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung Kidul. Paket wisata jogja ke pantai yang berada di tengah laut ini memiliki jembatan gantung yang terhubung dari Pantai Sinden, wisatawan yang ingin menuju Pantai Pulau Kalong tersebut harus melewati jembatan tersebut atau bisa juga menggunakan gandola sebagai alternatif menuju pantai. Panjang jembatan yang mengubungkan ke Pantai Pulau Kalong sekitar 30 meter. Untuk menyebrangi jembatan ini dibutuhkan nyali yang cukup tinggi, karena saat memandang ke bawah jembatan akan terlihat hamparan laut dan deburan ombak. Walaupun demikian banyak orang yang melewati jembatan dan berfoto di tengah-tengah.

Paket tour jogja selain terdapat jembatan gantung dan gondola, bebatuan di Pantai Pulau Kalong menjadi lokasi untuk para nelayan memancing ikan atau yang biasa disebut rock fishing. Bagi wisatawan yang senang memancing juga bisa ikut memancing disini.Lokasi rock fishing ini berada di sudut pulau dengan tempat duduk bambu, pagar dari tali yang sudah disediakan warga. Hal lainyang bisa dilakukan adalah berkemah atau camping, untuk wisatawan yang senang camping dengan suasana alam juga bisa melakukan camping di Pulau Kalong, karena di lokasi sudah terdapat camping ground yang berupa tanah datar yang lapang.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin bersantai dan melepas penat, bisa duduk-duduk di sekitar pantai dengan pemandangan laut yang cantik dan suasana alam yang segar dan jauh dari polusi. Di sekitar Pantai Pulau Kalong sudah terdapat beberapa fasilitas tempat wisata, sepesti kamar mandi dan tempat ganti. Ada juga warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.Wisawatan yang datang ke Pantai Pulau Kalong disarankan untuk menggunakan baju dan alas kaki yang nyaman karena lokasinya yang masih sangat alami dengan tanaman liar yang banyak tumbuh dan dipenuhi batu karang.

Lokasi Pantai Pulau Kalong

Pantai Pulau Kalong berada di Kecematan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Desa Jepitu. lokasi Pantai Pulau Kalong berjarak 75 km dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Pulau Kalong

Membutuhkan waktu sekitar 120-180 menit untuk mencapai lokasi Pantai Pulau Kalong dari pusat kota Yogyakarta. Wisatawan yang mengikuti promo paket tour jogja bisa melewati Jalan Ringroad Timur menuju Jalan Raya Wonosari, kemudian melewati Bukit Bintang, menuju Kota Wonosari dan Pasar Hargosari. Sebelum tiba di POLRES Gunung Kiduul, ada pertigaan ke arah kanan yang menuju Pantai Baron, kemudian sebelum masuk ke Pantai berbelok kiri sesuai dengan papan pertunjuk arah yang menuju Wediomo. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Pantai Jungwok, wisatawan bisa menitipkan kendaraan di area parkir Pantai Jungwok karena untuk ke lokasi Pantai Pulau Kalong, wisatawan harus berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Kalong

Untuk dapat menikmati keindahan dari Pantai Pulau Kalong, wisatawan harus membayar retribusi yang berada di Pantai Sinden sebesar Rp. 6.000 per orang, sedangkan untuk menaiki jembatan gantung, wisatawan akan dikenakan biaya Rp. 25.000. Sedangkan untuk biaya parkir akan dikenakan biaya Rp. 2.000 per sepeda motor dan Rp. 10. 000 untuk mobil. Apabila ingin melakukan pemesanan custom tour liburan ke jogja bisa langsung melakukan pemesanan di paket wisata jogja.

Pilihan Tour Jogja

Paket wisata jogja 1 hari

Paket wisata jogja 2 hari 1 malam

Paket wisata jogja 3 hari 2 malam

Paket wisata jogja 4 hari 3 malam

Paket honeymoon yogyakarta

Paket wisata adventure jogja

Jogja campervan

Layanan Transport

Sewa mobil jogja

Sewa bus pariwisata jogja