Wisata Bunker Kaliadem Merapi

Wisata Seru di Bunker Kaliadem Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang terkenal akan fenomena vulkanik, aneka ragam flora fauna serta morfologi gunungnya. Tidak heran jika kemudian gunung merapi dianggap sebagai gunung dengan potensi besar sebagai tempat pariwisata.

Selain memiliki potensi wisata, Gunung Merapi juga dikenal dengan banyak kisah mistisnya. Salah satunya adalah kisah mistis yang terdapat di Bunker Kaliadem. Meski demikian, Bunker Kaliadem juga menjadi salah satu wisata menarik terlebih bagi pengunjung yang penasaran dengan tempat wisata jogja yang satu ini.

bunker kaliadem
bunker kaliadem

Daya tarik Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dulunya merupakan camping ground atau bumi perkemahan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Meski demikian, bangunan-bangunan tersebut kini tertimbun dan hanya beberapa bagian saja yang terlihat. Bunker Kaliadem sebenarnya dibangun untuk tempat persembunyian jika sewaktu-waktu Merapi kembali meletus. Akan tetapi letusan dari Merapi pada tahun 2006 yang lalu membuat kawasan kaliadem tertimbun dengan banyak material berupa pasir serta bebatuan panas. Mengingat bahaya serta ancaman dari Gunung Merapi, Bunker Kaliadem sudah tidak digunakan lagi.

Bunker Kaliadem kini telah dibersihkan serta diberi cat putih. Pengunjung bisa melihat prasasti yang terdapat di depan pintu bunker yang mengisahkan tentang riwayat dari bunker itu sendiri. Pengunjung juga bisa menemukan ruang lapang kecil dengan bentuk setengah melingkar. Anda pada wisatwan paket wisata jogja atau sebagai pengunjung bisa melihat bekas lahar yang telah berubah menjadi batu di kawasan tersebut.

Bunker Kaliadem juga dikenal dengan pemandangannya yang istimewa. Terlebih jika cuaca sedang terang-terangnya, pengunjung bisa melihat awan-awan biru yang tampak indah di langit. Tidak heran jika wisata yang satu ini cocok bagi anda yang ingin berfoto dengan latar belakang alam yang memukau.

Berwisata di Bunker Kaliadem, sebaiknya pengunjung menggunakan masker. Hal ini dikarenakan adanya debu yang sangat tebal dan berpasir di lokasi wisata. Disarankan juga untuk membawa bekal minuman serta makanan kecil bagi yang memilih rute napak tilas. Hal ini dikarenakan penjual makanan disana yang masih sedikit. Untuk mencapai Bunker Kaliadem, pengunjung juga bisa menggunakan lava tour jeep Merapi. Lava tour jeep Merapi siap menemani pengunjung dalam mengunjungi beberapa objek populer dari gunung Merapi menggunakan jeep dengan atap terbuka. Adapun biaya untuk bisa menikmati lava tour jeep Merapi, adalah Rp 350.000 atau bisa juga lebih. Bunker Kaliadem telah menyediakan beberapa fasilitas untuk mempernyaman pengunjung yang datang. Pengunjung dapat menemukan warung yang menjual makanan serta minuman ringan di tempat sekaligus beragam souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang nantinya.

bunker kaliadem merapi
bunker kaliadem merapi

Akses menuju Bunker Kaliadem

Rute Bunker Kaliadem terletak di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Untuk bisa mencapai lokasi Bunker Kaliadem dari Yogyakarta, bisa mengarahkan kendaraannya menuju jalan Ring Road Utara selama kurang lebih 1 jam perjalanan hingga mencapai desa Kinaherjo.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, bia berhenti di terminal bus kota Sleman setelah itu mencari kendaraan berupa ojek untuk menuju wisata.

Jam Buka dan Harga Tiket masuk Bunker Kaliadem

Harga tiket masuk Bunker Kaliadem cukup murah yaitu Rp. 3.000 saja. Harga bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari pihak penyelenggara. Bunker Kaliadem dibuka selama 24 jam, sehingga pengunjung bisa menikmati wisata tanpa adanya batasan waktu tutup.

Rental mobil Jogja membantu anda dalam mewujudkan acara berwisata yang seru dan tentunya mengasikkan. Beragam fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan membuat anda mendapatkan pengalaman berwisata yang tidak ada duanya di wisatadiyogyakarta.