Tiket Masuk Puncak Dipowono Yogyakarta

Puncak Dipowono Yogyakarta

Puncak yang Memiliki Pemandangan Cantik Kota Wates

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak keindahan alam, beberapa saat lalu sebuah kawasan wisata alam diresmikan oleh Bupati Kulonprogo, tempat tersebut adalah Puncak Dipowono. Puncak ini merupakan wisata alam yang tergabung dalam Kawasan Wisata Terpadu Hutan Kemasyarakatan (HKM) Kulonprogo dan dikelola oleh kelompok tersebut.

Puncak Dipowono berada di perbukitan Menoreh Kabupaten Kulonprogo, tempat ini merupakan puncak tertinggi di pegunungan tersebut dengan memiliki ketinggian 600 Mdpl. Meskipun demikian, untuk menuju lokasi Puncak Dipowono tidak sulit dan dapat dijangkau dengan kendaraan. Saat berkunjung ke Puncak Dipowono dalam paket wisata jogja, wisawatan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan juga Waduk Sermo yang berada tidak jauh dari lokasi.

puncak dipowono jogja
puncak dipowono jogja

Sekilas Mengenai Puncak Dipowono Kulonprogo

Di Puncak Dipowono wisatawan akan bisa melihat pemandangan Pantai Glagah, Bantul dan juga Kota wates, pada saat malah hari akan terlihat lampu-lampu kerlip Kota Wates. Sedangkan apabila berkunjung saat pagi hari bisa melihat matahari terbit dan juga pemandangan Gunung Merapi.

Jika dilihat secara sekilas, Puncak Dipowono ini hampir mirip dengan tempat wisata alam Puncak Kalibiru tour jogja. Selain berada di kelurahan yang sama, kedua tempat wisatwa mempunyai pemandangan alam dengan latar belakang yang sama, yaitu Waduk Sermo. Namun dibandingkan dengan Puncak Kalibiru, lokasi ini berada pada ketinggian yang lebih tinggi.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang bisa dilihat dari ketinggian 600 Mdpl ini, wisatawan yang senang berkemah dengan suasana alam terbuka juga bisa mendirikan tenda di Puncak Dipowono. Namun jangan lupa untuk meminta izin pengelola tempat terlebih dahulu sebelum memasang tenda. Rencananya pengelola tempat wisata juga akakn menyediakan tempat outbond dan flying fox disekitar lokasi.

Untuk sekarang fasilitas tempat wisata pada umumnya sudah tersedia di lokasi Puncak Dipowono, seperti rumah pohon yang sering dijadikan sebagai spot foto, toilet yang memadai, mushola, tempat parkir yang luas dan juga gazebo untuk beristirahat, jalan menuju lokasi Puncak Dipowono juga sudah beraspal, sehingga memudahkan wisatawan berkendara untuk menuju lokasi. Jika sudah puas menikmati keindahan alam yang disuguhkan, wisatawan paket tour jogja berada di puncak bisa mencoba es dawet yang banyak tersedia di Puncak Dipowono.

Lokasi Puncak Dipowono

Lokasi Puncak Dipowono berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang terletak di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak Dipowono ini berada pada ketinggian 600 mdpl. Lokasi Puncak Dipowono juga dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya, yaitu Taman Wisata Watoe Gembel, Puncak Kali Biru dan Waduk Sermo.

Rute Puncak Dipowono

Untuk wisatawan yang berasal dari pusat kota Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Puncak Dipowono bisa melalui Jalan Raya Jogja-Wates, kemudian setelah tiba di Pasar Sentolo, menuju Celereng dan ke arah Pasar Celereng. Lalu melanjutkan perjalanan menuju arah Kalibiru dengan mengikuti papan penunjuk arah yang berada di pasar Clereng, seletah tiba di Kalibiru, dilanjutkan menuju Taman Wisata Watoe Gembel kemudian belok ke kanan, menuju Puncak Dipowono Canting Mas. Jalan yang dilalui menuju Puncak Dipowono memiliki jalan khas perbukitan yang berkelok-kelok, sehingga untuk mencapai lokasi wisatawan disarankan untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik sebelum berangkat menuju ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Puncak Dipowono

Untuk menikmati keindahan alam yang berada di Puncak Dipowono, wisatawan yang datang akan kenakan biaya tiket masuk puncak dipowono Rp. 12.00 per orang. Ingin liburan dengan paket wisata domestik bisa ke niagatour.